Ragam Jenis Soto Ayam dan Manfaatnya Bagi Tubuh

soto ayam

soto ayamSalah satu makanan khas Indonesia yang berupa sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan adalah soto ayam. Kuah kekuningan ini disebabkan oleh kunyit yang dipakai sebagai bumbu pada soto. Sajian ini banyak ditemukan di daerah-daerah Indonesia dan Singapura lho.

Tentunya tidak hanya daging ayam yang digunakan, melainkan meliputi telur rebus, irisan kentang, bawang goreng, dan daun seledri. Namun, terkadang soto juga disajikan dengan nasi putih hangat ataupun lontong. Biasanya sajian soto ini juga sering dihidangkan dengan sambal, kerupuk, serta koya.

Nah, pastinya makanan ini juga memiliki ragam jenisnya lho seperti olahan masakan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, mari Brader and Sister simak ulasan di bawah ini. Berikut ragam jenisnya yang ada di nusantara.

Ragam Jenis Soto Ayam

  1. Soto Betawi

Sesuai dengan namanya, sajian soto ini tentunya berasal dari Betawi. Soto Betawi dikenal banyak orang karena mempunyai rasa yang gurih dari kuah santannya. Bagi yang menyukai soto dengan rasa kuah yang kuat, bisa memilih jenis soto ini dengan rempah seperti pala, cengkeh, dan kapulaga.

Soto Betawi umumnya menggunakan daging, jeroan, dan emping sebagai pelengkap. Namun, bagi yang ingin mengganti dengan daging ayam juga diperbolehkan. Hal ini biasa dilakukan terutama bagi pecinta daging ayam.

  1. Soto Lamongan

Berikutnya adalah soto Lamongan yang berasal dari daerah di Jawa Timur. Jenis soto ini memakai bubuk koya yang gurih. Bubuk koya ini menjadi ciri khas dari soto yang berasal dari Jawa Timur. Bagi Brader and Sister yang suka rasa soto asin bisa memilih jenis soto ini.

READ  Suka Ayam Bakar? Mari Coba Beragam Jenis Cita Rasanya Berikut!

Rasa soto Lamongan akan menjadi lebih nikmat bila ditambah dengan kerupuk udang dan juga nasi putih. Soto Lamongan memiliki kuah yang berwarna kuning karena penggunaan bubuk koyanya. Bagian isi di dalam soto Lamongan menggunakan sayur soto, seperti kol, sohu, dan suwiran daging ayam.

  1. Soto Kudus

Selanjutnya adalah soto yang berasal dari Jawa Tengah, yaitu soto Kudus. Tentunya soto dari daerah Jawa Tengah berbeda dengan soto dari daerah Jawa Timuran. Jika di daerah Jawa Timur menyukai cita rasa makanan yang asin, maka kuliner di Jawa Tengah banyak yang memiliki cita rasa manis. Salah satunya soto Kudus yang memiliki tampilan kuah yang bening.

Brader and Sister juga bisa memakan soto ini dengan saus dan kecap, sehingga mempunyai rasa yang bisa disesuaikan dengan selera. Soto Kudus bisa dipadukan dengan daging ayam ataupun daging sapi. Isian soto Kudus sendiri terdapat irisan dari daging ayam, bawang goreng, dan juga tauge.

  1. Soto Medan

Medan juga memiliki soto khas dengan cita rasa yang berbeda dari daerah yang lain. Jenis soto Medan ini cocok bagi Brader and Sister yang suka makanan bersantan karena kuahnya yang bersantan. Sajian soto Medan ini mempunyai kuah santan yang gurih sama seperti pada kuah soto Betawi.

Namun, isinya berbeda karena ada isian dari perkedel kentang, kentang goreng, dan juga tambahan telur rebus di dalamnya. Sedangkan bahan tambahan yang bisa digunakan, yaitu suwiran dari daging ayam dan juga tauge. Brader and Sister tertarik untuk segera mencicipi soto ini?

  1. Soto Banjar

Terakhir, jenis soto yang bisa jadi pilihan Brader and Sister sebagai penyuka soto daging ayam adalah soto Banjar. Sajian soto ini merupakan khas dari daerah Banjarmasin dan memiliki cita rasa yang kaya akan bumbu rempahnya. Isian dari soto ini menggunakan daging ayam, telur rebus, perkedel kentang. Selain itu, bisa juga dimakan bersama dengan ketupat.

READ  Serba-Serbi Rendang yang Patut Diketahui Untuk Para Pecintanya

Itulah dia beragam jenis soto ayam yang ada di nusantara. Brader and Sister bisa mencobanya sesuai dengan keinginan dan selera masing-masing. Selain mempunyai beragam jenis, soto juga memiliki banyak manfaat lho. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasannya di bawah ini!

Manfaat Mengonsumsi Soto Ayam

  1. Mencegah Kanker

Ternyata, soto ayam memiliki khasiat yang bisa membantu mencegah kanker di dalam tubuh lho. Dipercaya kalau kandungan yang terdapat di dalam makanan ini mampu mencegah sel kanker tumbuh. Faktor ini dikarenakan soto ayam berfungsi sebagai pencegah dan penekan pertumbuhan DNA pada sel-sel kanker.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Ternyata makanan ini memiliki banyak kandungan-kandungan yang bermanfaat. Mulai dari mineral serta vitamin yang bisa membantu meningkatkan sistem imun manusia. Dengan begitu, mampu untuk menjaga kesehatan tubuh Brader and Sister.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Pastinya Brader and Sister sudah tahu bagaimana manfaat makanan ini yang memiliki senyawa vitamin A dari tomat sebagai pelengkap sajian ini. Tentunya, vitamin A ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A memiliki retinol yang baik untuk mata manusia.

  1. Menjaga Aktivitas Antioksidan

Makanan ini memiliki kandungan senyawa smirnoff yang berfungsi sebagai aktivitas antioksidan yang berbentuk vitamin A. Selain itu, kandungan dari makanan ini juga berperan untuk menangkal radikal-radikal bebas di udara. Kandungan antioksidan ini juga mampu untuk mencegah terjadinya kerusakan genetik dalam tubuh.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi perempuan dan bisa berakibat fatal jika tidak segera diatasi dengan benar. Nah, ternyata soto ayam ini bisa membantu mencegah penyakit kanker payudara lho. Hasil penelitian para ahli mengemukakan bahwa makanan ini bisa untuk menghambat pertumbuhan kanker payudara.

  1. Membantu Perkembangan Janin

Makanan ini juga dipercaya memiliki kemampuan untuk membantu perkembangan janin pada ibu hamil. Makanan ini bisa membantu pertumbuhan mata, kulit, organ, serta tulang pada janin. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan ini karena dapat menjadikan janin menjadi lebih baik perkembangannya.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Brader and Sister yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah akan lebih mudah untuk terserang berbagai penyakit. Salah satunya adalah serangan dari radikal bebas yang bisa membahayakan tubuh. Maka dari itu, makanan ini memiliki fungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah sakit.

  1. Mengurangi Resiko Radang Sendi

Makanan ini juga memiliki senyawa mineral yang dinamakan selenium. Di mana, senyawa ini berperan untuk mencegah terjadinya pengembangan radang pada sendi. Oleh karena itu, Brader and Sister bisa mengonsumsi sajian ini untuk membantu mencegah resiko radang sendi.

  1. Menghilangkan Stres

Ternyata makanan ini bisa berperan untuk menghilangkan stres. Kandungan asam pantotenat yang ada di dalamnya akan memberi efek tenaga pada saraf-saraf manusia. Nah, ketika Brader and Sister tengah mengalami stres, ada baiknya untuk mencoba sajian makanan lezat ini.

READ  Serba-Serbi Rendang yang Patut Diketahui Untuk Para Pecintanya

Sangat banyak bukan manfaat dari soto ayam ini?! Nah, tentunya untuk mendapatkan tubuh yang sehat juga harus diimbangi dengan gaya hidup yang sehat pula ya Brader and Sister! Cukup sekian pembahasan saya ini, semoga bisa membantu menambah pengetahuan Brader and Sister ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.